Sunday, July 5, 2015

Congrats Idiot!

"When I Grow Up"
Oleh: Billie Joe Armstrong

Ketika aku tumbuh, aku ingin memiliki band yang bermain rock and roll. Kita akan memulainya pada umur 15 tahun. Kemudian band itu akan semakin besar dan semakin besar. Ketika umur 20 kita akan memiliki ampifier yang besar dan banyak gitar. Ketika umur 29 kita semakin besar. Kita akan bermain untuk banyak orang. Dan kemudian kita akan memiliki band besar yang akan benar-benar dicintai. Dan kemudian bermain lebih banyak lagi. Kita akan membuat banyak orang bahagia. Dan kita akan memiliki banyak uang. Tapi jika aku tidak memiliki band, maka aku akan melakukan hal lain. Mungkin aku akan menjadi pemain football? Aku akan menjadi itu. Kita akan melakukan perjalanan kemana saja. Para pemain akan memenangkan semua pertandingan. Dan kita akan jadi juara. Tapi jika aku tidak bermain football, aku tidak tahu akan hadi apa. (Tapi) aku tahu aku akan menjadi sesuatu...


atas: Green Day at Gilman Street, medio 1989-1990. 
bawah: Induction Rock And Roll Hall Of Fame 2015
Cukup mengharukan sekaligus membahagiakan. April lalu band paling penting yang pernah ada dalam hidup akhirnya menerima penghargaan Rock And Roll Hall Of Fame. Green Day, trio punk rock rusuh yang berawal dari penampilan ugal-ugalan di Gilman Street yang kumuh dengan sedikit penonton, berevolusi menjadi penampil punk terbesar di dunia yang bermain di gelanggang-gelanggang dengan jutaan penonton. Tidak ada yang salah jika kita menganggap Green Day ada di tingkatan yang sama dengan U2 ataupun Madonna karena dalam performance maupun tata panggung mereka sudah sedemikian megah dan berkelas. Rock And Roll Hall Of Fame sendiri adalah penghargaan tertinggi bagi band/rockstar atas konsistensinya pada rock and roll selama puluhan tahun dan memberikan pengaruh yang signifikan bagi perkembangan musik dunia. Jadi, tidak semua band bisa dengan mudah menerima penghargaan ini. Dengan di inducte oleh Fall Out Boy, Green Day tidak sendiri. Sederet bintang rock and roll dunia juga turut menerima penghargaan ini. Joan Jett, Ringo Starr sampai Lou Reed adalah beberapa diantaranya. Mari menyimak Induction Speech Billie Joe saat pelantikan: "Soon as I opened my eyes and took my first breath, I'm a fan. And that's the one thing that I'm going to close with is that I love rock & roll."; Benar, saat rock and roll mulai memasuki hidupmu, saat itulah hidupmu tak akan pernah sama lagi.

Tulisan "When I Grow Up" diatas diterjemahkan oleh @IdiotClubINA, akun berisi bocah-bocah penggemar berat Green Day di Indonesia. Cukup mengejutkan karena ini ditulis Billie sewaktu masih anak-anak dan kini setelah puluhan tahun tulisan tersebut dipajang di Hall Of Fame. Saat membacanya, saya tiba-tiba teringat tulisan bodoh saya di notes sewaktu SMA: "Mungkin setelah melihat secara langsung 'Time Of Your Life' dibawakan Armstrong sebagai penutup konser Green Day, mimpi saya hanya tinggal menghajikan ibuk-bapak." 

No comments:

Post a Comment